Saturday, June 25, 2011

Palembang, Bukan Palembang Coret

Kalo gue bilang Palembang, yang ada di otak lo apaan?

Pempek? Yaelah makan mulu kerjaan lo.

Oke, karena yang paling banter diketahui orang awam kayak elo sekalian cuma pempek, izinkan gue curcol soal Palembang di blog jaman kapan milik gue ini. Kenapa? Soalnya pride gue sebagai orang Palembang habis 'digelitik' sama orang. Dan sebagai orang Palembang yang emang Palembang dan BUKAN Palembang coret (maksudnya papan rambu yang menunjukkan bahwa kita ga lagi di kawasan Palembang), gue mau ngasih sedikit kritik tentang berbagai hal seputar kota tempat gue lahir dan besar ini.

Pertama, yang gue mau protes adalah anak-anak dari daerah Sumatera Selatan lainnya alias Palembang Coret. Ini cuma pendapat gue dari apa yang gue alami selama merantau ya. Kalo lo offense ya sori. Kenapa mereka yang tinggalnya di luar Palembang kalo ditanya asalnya dari mana selalu bilang Palembang? Alhasil berbagai macam orang jadi mikir kalo lo dari Palembang, artinya lo dari daerah-daerah gitu yang di sana kayaknya belum ada mall gede apalagi bioskop keren. Yang mau gue tekankan sekarang adalah: ENAK AJA LO NGEMENG!

Di atas itu namanya Jembatan Ampera, yang menyatukan Ilir dan Ulu yang terpisah oleh Sungai Musi. Kalo lo GA SATU KOTA ama ini jembatan, artinya LO BUKAN DARI PALEMBANG. Face it, Dude.

Kadang gue juga jadi kasihan sama anak-anak luar daerah itu. Semakin mereka bilang mereka dari Palembang, semakin nama daerah mereka terlupakan. Serius deh. Masalahnya gue emang dari lahir di Palembang. Paling tinggal di Padang bentar, tapi rumah yang bokap bangun ada di Palembang. Kota Palembang. Bukan di Pagar Alam, bukan di Baturaja, bukan di Lubuk Linggau, di KOTA PALEMBANG. Jadi gue berhak ngomong gue anak Palembang kan? KAN?

Sungguh disayangkan kalau elo ga nyebut daerah lo duluan, baru Palembang, Bro.

Coba deh. Lain kali kalo lo ditanya dari mana, jawab dulu daerah asal lo. Kalo orang yang tanya ga tau dimana letaknya itu daerah, baru lo sebut, "Sumatera Selatan, deket Palembang." Selain lo udah membuktikan kalo lo bangga sebagai anak daerah, lo bisa bikin nama daerah lo eksis, Kawan. Itu daerah tempat rumah lo berdiri, lo harusnya mencap itu sebagai tempat tinggal elo. Bukannya nyebut Palembang lagi dan Palembang lagi.

Lo ga pernah liat ini bus berkeliaran? Wah, kalo gitu kayaknya lo ga tinggal di Palembang deh.

Soalnya gue pernah ngalamin sendiri, yang ditanya, "Palembang di mananya?"

Ini waktu ospek. Ke salah satu anak logos gue yang bilangnya dari Palembang.
Gue (G): Eh, lo dari SMA 3 ya? Lo kenel W (salah satu temen SMP gue yang sekolah di SMA 3) ga?
Dia (D): Wah, gue ga kenel tuh.
G: (bingung, soalnya sejak SMP tuh cewek 'The It Girl' gitu) Ah masa sih lo ga kenal?
D: Oh, gue bukan dari SMA 3 Palembang. Gue dari SMA 3 *piiip* (salah satu daerah di Sumatera Selatan)
G: *facepalm*

Dan itu ga cuma sekali, saudara sekalian!

Ini juga pas ospek, tapi ospek jurusan. Pembina kelompok gue ternyata orang daerah Sumatera Selatan.
Kakak Pembina (KP): Oh lo dari Palembang?
G: Iya Kak.
KP: Palembangnya mana?
G: (bingung, ga pernah ditanyain kayak gitu sebelumnya) Ha?
KP: Iya Palembangnya mana?
G: Se-Sekip. (kawasan di Palembang tempat gue tinggal)
KP: *ngeliatin gue sebentar* Oh, I see.

Dan habis itu gue baru tau kalo lo ditanya dari mananya Palembang, itu karena orang Jawa ga tau kalo Palembang itu kota dan daerah yang disebut ama orang-orang luar Palembang itu beneran ada di luar Palembang. Masuknya Sumatera Selatan. BUKAN bagian Palembang.

Lah terus, ini kenapa gue malah ngambek gini?

Soalnya barusan ada temen di Twitter, becandain gue bilang kalo gue ntar ga bisa nonton Harry Potter 7 bagian II kalo gue pulang kampung. Wogh, ya gue raging dong! Kata siapa gue ga bisa nonton itu film kalo gue di Palembang? Asal tau aja, bioskop di Palembang itu KEREN, beneran ga kalah ama XXI Jogja! Teaternya juga enam. Filmnya lumayan on time. Seatnya nyaman. ACnya nyala. Tukang jual popcorn-nya ganteng pula! NAH, kalo lo pikir gue ga bisa nonton sekadar Harry Potter doang di sana, sayang sekali salah. S-A-L-A-H.

Dan waktu gue bilang kalo bioskop di Palembang keren, di lantai teratas mall, ada pula yang tanya, "itu di Palembang?" IYA ITU DI PALEMBANG. Di Palembang Indah Mall! Iya namanya emang konyol. Tapi itu mall keren tau! Dibanding Jogja, di sana ada duluan permen Fantasy! Oh sori. Itu stand permen favorit gue soalnya. Dan alasan si penanya nanya kayak gitu katanya temennya ga pernah sebut-sebut ada bioskop di mall. Ya itu temen elo artinya bukan dari Kota Palembang! Grrrh!

Palembang itu keren, Kawan. Meski sekarang udah bisa banjir dan rukonya di mana-mana, Palembang itu temasuk kota terlengkap buat gue. Selain itu bersihnya bukan main. Gue cinta Palembang yang udah dapat Adipura sejak 2007 sampe 2010. Gue suka suasananya kalo lagi jalan, atau di mobil berdua nyokap. Adek gue yang cewek, yang punya aura elit aja santai kalo jalan di Pasar 16 atau pasar burung. Kenapa? Karena meskipun desak-desakan, pasarnya Palembang tetep aja lengkap dan seru buat dijelajahi. Dan mereka masih jualan pistol berpelor bunder-bunder yang bisa gue pake nembak cecak. Di Jogja mah, udah ga ada. Katanya terlalu bahaya. Bah!

Sori ya, kita di Palembang biasa ngocek (ngupas) kepala orang. Ketembak pake pistol gituan doang mah, cetek.

Dan lo musti coba ke tempat yang namanya Danau Opi. Ga perlu lo jauh-jauh ke Bali buat sekadar Banana Boat atau naik speedboat! Itu danau hijau kebiruan bening keren! Lo musti ke sana meskipun sekadar naik perahu bebek!

Keren kan?

Dan tau lagi ga, selain jadi tuan rumah PON 2004 dengan maskot Rimau (itu maskot keren, seriusan), bentar lagi Palembang (oke, SumSelnya juga) bakalan jadi tuan rumah SEA Games! Iya, South East Asian Games. Ga, lo ga salah baca.

Jadi, wajar kan gue bangga dan ga suka kalo lo salah sangka ama Palembang dan mengira Palembang itu terbelakang sampe bioskop aja ga punya? Ckckck, lo beneran salah cari lawan bicara deh. Gue yang biasa aja serem, apalagi gue yang PMS XP

Ah udahlah. Gue capek marah-marah. Segitu aja dulu yang bisa gue tulis. Ntar gue tulis makanan-makanan favorit gue yang asli Palembang dan cuma bisa ditemuin di Palembang (oke, dan sekitarnya. Tapi pusatnya tetep Palembang). Akhir kata, kembali gue haturkan, adios!

(Pictures are from everywhere. Wikipedia, Google, everywhere beneran.)

No comments: